1. PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN PEMASARAN
INTERNASIONAL
- PERDAGANGAN ITERNASIONAL
Pengertian
perdagangan internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antarnegara yang
diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar suka
rela dan saling menguntungkan.
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.
Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
Menurut Amir M.S., bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor.
Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP.
Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
Menurut Amir M.S., bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor.
Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.
- PEMASARAN INTERNASIONAL
pemasaran internasional adalah penerapan konsep, prinsip, aktifitas dan
proses manajemen pemasaran dalam rangka menyalurkan barang atau jasa perusahaan
ke konsumen di berbagai negara demi tercapainya keuntungan-keuntungan tertentu.
Yang membedakannya dengan pemasaran dosmetik hanyalah pemasar internasional menghadapi lingkungan yang asing, dengan
politik, regulasi , budaya, persaingan dan konsumen setempat yang berbeda
dengan lingkungan tempat tinggal pemasar yang bersangkutan. Pemasaran
internasional (international market) seringkali dikaburkan dengan pemasaran
asing (foreign marketing)yang berarti kegiatan pemasaran di lingkungan yang
berbeda-beda dengan lingkungan asalnya.
Dari definisi ini sebenarnya foreign marketing hanya berbeda dengan international marketing yaitu dalam hal lokasi perusahaan pemasar yang berada di luar negeri.
Dari definisi ini sebenarnya foreign marketing hanya berbeda dengan international marketing yaitu dalam hal lokasi perusahaan pemasar yang berada di luar negeri.
2. SETIAP NEGARA MELAKUKAN PERDAGANGAN
INTERNASIONAL .
Iya,karna perdangan internasional membuat negara kita semakin maju dan tidak tertinggal dengan negara lain
,perdagangan internasional juga membantu mendorong Industrialisasi,
kemajuan transportasi, globalisasi,
dan kehadiran perusahaan multinasional. Meskipun dampak
terhadap kepentingan ekonomi,sosial,politik baru dirasakan beberapa abad belakangan ini.
Melakukan perdagangan internasional juga dapat memenuhi setiap kebutuhan
yang tidak diproduksi oleh negaranya sendiri ,Perdagangan internasional juga
memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien
dan cara-cara manajemen
yang lebih modern.
Selain itu Perdagangan internasional juga memiliki fungsi sosial.Misalnya,
ketika harga bahan pangan dunia sangat tinggi, Negara-negara penghasil beras
berupaya untuk dapatmengekspornya. Di samping memperoleh keuntungan, ekspor di
sini juga berfungsi secarasosial.
Tetapi perdagangan internasional juga memiliki kekurangan yaitu sangat
rumit dan kompleks Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya
batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya
dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor. Selain itu, kesulitan
lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang,
taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.
3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS
INTERNASIONAL
1.
Kompetitif
: jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka
2.
Distributif : agen nasional dan
internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3.
Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit,
dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan
untuk melakukan bisnis.
4.
Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi
populasi manusia.
5.
Keuangan : variable spt sukubunga, tingkat
inflasi, perpajakan,
6.
Legal : jenis hukum asing dan domestik yang
beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7.
Fisik : unsur alam spt topografi, Iklim dan
sumber alam
8.
Politik : elemen politik bangsa spt
nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi Internasional
9.
Sosiokultural : sikap, kepercayaan,
pendidikan, dll
10.
Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian
11.
Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang
mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar