1.
Letter Head
Biasa disebut juga sebagai Kepala surat, pada surat bisnis disebut juga Kop surat, Kop surat adalah judul atau informasi pada selembaran kertas surat. Isi dari infromasi biasanya terdiri dari Nama, Alamat, no telepon, dan logo perusahaan atau desain, dan terkadang pola latar belakang. Kop surat istilah ini sering digunakan untuk merujuk kepada seluruh lembar yang dicetak seperti Heading
Biasa disebut juga sebagai Kepala surat, pada surat bisnis disebut juga Kop surat, Kop surat adalah judul atau informasi pada selembaran kertas surat. Isi dari infromasi biasanya terdiri dari Nama, Alamat, no telepon, dan logo perusahaan atau desain, dan terkadang pola latar belakang. Kop surat istilah ini sering digunakan untuk merujuk kepada seluruh lembar yang dicetak seperti Heading
2.
Date
Date adalah Penanggalan yang berarti
menunjuk tanggal, bulan, dan tahun. Penempatan penanggalan kop surat biasanya
terletak pojok kanan di bawah Letter Head.
Untuk bentuk penulisan Tanggal pada
surat bisnis dapat dibedakan menjadi 2 bentuk :
v Date in
British style :
Dalam Bahasa Inggris British,
penanggalan hari biasanya dituliskan sebelum bulan, untuk penulisan tanggal yang
tepat, anda harus mengetahui dahulu system pengurutan dalam British, pengurutan
dalam Bahasa Inggris sebagai berikut :
a.
Pertama : First (-st)
b.
Kedua : Second (-nd)
c.
Ketiga : Third
(-rd)
Sedangkan penulisan penanggalan yang diakhiri dengan
angka 4 – 10. Bisa mempergunakan akhiran (-th) diakhir angkanya. Sebagai contoh
: Apabila menulis tanggal 1 January 2011, maka yang mesti diketahui adalah
tanggalnya yang berakhiran 1, maka menggunakan akhiran –st di akhir angka satu.
Sehingga penulisan menjadi 1st January 2011, apabila anda menulis
untuk tanggal 7 January 2011, maka penulisannya adalah 7th January 2011
Contoh : (day/month/year) 02/November/2010
v Date in
American style
Dalam Bahasa Inggris America bisa
menuliskan tanggal hanya dengan menggunakan angka, Bentuk paling umum adalah
:
Contoh : (month/day/year) atau month-day-year November/02/2010
“ Perlu diperhatikan bahwa 5/10/2011 biasanya berarti tanggal 5 october 2011 dalam Bahasa
Contoh : (month/day/year) atau month-day-year November/02/2010
“ Perlu diperhatikan bahwa 5/10/2011 biasanya berarti tanggal 5 october 2011 dalam Bahasa
Inggris
British, Dan dalam Bahasa Inggris America bisa berarti tanggal 10 may 2011.
Untuk
menghindari
kerancuan ini, harus dapat mengeja bulan atau menggunakan singkatan.
3.
Inside Address
Inside Address adalah pengalamatan
yang berarti Alamat dari penerima surat. Pada penulisan tersebut terdapat Nama,
Alamat, kode pos, Dan Negara.
Example :
Dr. Calvin Carson
Cross Country Coach
Dept. of Athletics
Colorado Community College at
Cripple Creek
Cripple Creek CO 80678
4.
References
Berisi sebuah referensi yang memudahkan pengirim dan
penerima melakukan dokumentasi atau pengarsipan terhadap percakapan yang
sebelumnya untuk penulisan referensi dapat diberi tulisan bergaris bawah,
menuliskan referensi untuk pihak responden dengan format : ‘Your Ref:KPS/C3’.
Jika ingin menambahkan referensi dari pengiriman, format penulisan : ‘My Ref:
Con/13/1’ atau ‘Our Ref: Con/13/1’.
5.
Salutation
Salutation adalah salam pembuka. Praktik
berkorespondensi bisnis dapat menggunakan salutation atau salam pembuka untuk
mengawali isi atau maksud surat tersebut. Masing-masing bentuk salam dalam
surat bisnis memiliki tingkat keformalan dan kelaziman yang berbeda. Surat
bisnis tidak sebebas surat sosial atau surat personal dalam menempatkan
salutation.
Contoh :
a.
Untuk korespondensi Bisnis yang sangat formal
ü : Dear Madam
ü Dear Mesdames:
ü Dear Sir:
ü Dear Sirs:
ü Dear Sir or
Madam
b.
Untuk korespondensi Bisnis yang di alamatkan bukan
kepada orang tertentu di dalam perusahaan.
ü Ladies and
Gentlemen:
ü Gentlemen:
ü Ladies:
c.
Untuk Korespondensi bisnis yang berciri formal, namun
tetap memiliki nuansa keramahan.
ü Dear Mr.
Kunjana:
ü Dear Mr.
julian:
ü Dear Messrs.
Kunjana and julian:
ü Dear
Mr.Kunjana and Mrs.Reni:
6.
Subject
Subject arti dalam Bahasa Indonesia adalah Perihal.
Yang mengenai isi surat tersebut, dengan alasan dibuatnya suatu surat oleh si
pembuat kepada si penerima atau setidaknya mengerti gambaran umum isi pesan
surat isi pesan bisnis surat tersebut. Baris perihal atau baris subject
penulisannya ditempatkan di atas salutation. Subject dapat ditulis atau diketik
dengan huruf besar semua atau huruf kecil semua.
Contoh : SUBJECT : THE ILLUSTRATED CATALOGUE
Subject : The Illustrated Catalogue
7.
Body of Letter
Bagian dari Body of Letter atau inti pokok surat
adalah inti isi surat bisnis. dalam inti surat tersebut, penulis berusaha agar
apa saja yang hendak dikomunikasikan dapat diterima dengan baik oleh pihak
pembaca surat. Jika komunikasi inti surat antara pengirim dan penerima terjadi
(terjalin) dengan baik, maka dapat dikatakan bahwa isi surat tersebut telah
memenuhi kriteria efektifitas dan komunikatif.
8.
Complementary Close
Bagian Complementary Close sangat bervariasi baik
dalam bentuk dan gaya penulisan pada bagian salam pembuka atau bagian pembuka
surat (salutation). Bentuk Complementary Close harus sejajar atau sejalan
dengan bentuk salutation-nya.
Berikut
disampaikannya bentuk-bentuk salam penutup untuk surat bisnis berdasarkan
tingkat keformalannya. Dari yang tertinggi sampai yang terendah.
British
style : Truly yours,
Faithfully
yours,
Respectfully
yours,
Cordially
yours,
American
style : Yours truly,
Yours
faithfully,
Yours
sincerely,
Yours
respectfully
Yours
cordially
9.
Signature
Sebagian besar perusahaan atau institusi tidak
menggunakan Company Signature (tanda tangan perusahaan) dalam surat bisnisnya.
Sebagai gantinya, mereka menggunakan personal signature atau tanda tangan
pribadi dari pimpinan perusahaan atau institusi yang berhak mewakili perusahaan
atau institusi tersebut dalam melakukan tugas-tugas dan kewajiban bisnisnya.
Namun, Jika
Company Signature atau tanda tangan perusahaan tersebut digunakan , cara
penulisannya adalah dengan menempatkan dibawah bagian complementary Close dan
diketik dengan huruf capital semua
Contoh :
Yours truly,
ERANKA
Yours faithfully
GASANTRIJANA
Very truly yours,
ERANKA CO. LTD.
Respectfully yours,
GASANTRIJANA INC.
10.
Enclosure
Bagian ini hanya dituliskan jika terdapat
lampiran-lampiran yang akan disertakan dalam surat bisnis tersebut. Penulisan
Enclosure atau lampiran membantu penulis, penerima, dan sekertaris untuk
mengetahui mencermati kelengkapan lampiran-lampiran yang disertakan. Jika
lampiran-lampiran tidak lengkap atau tidak sesuai dengan yang ditulis,
pengontrolan dapat mudah dilakukan, Adapun variasi penulisan Enclosure dapat
dicermati pada Contoh :
Enclosures :
1. Comtract
2. Cheque
3. Memo
Enclosure : Contract
Enc.: Contract
Encl.: Contract
11.
Postscript
Postscript terletak dua spasi di bawah tanda tangan
atau inisial referensi . Merupakan catatan singkat yang ditambahkan ketika
mengakhiri sebuah surat. Diletakan pada bagian kiri bawah surat, sebelum bagian
CC. Contoh :
- P. S.
Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie
consequat, vel illume u feuqiat nulla facilisis.
12.
Carbon Copy Notation
Notasi surat (carbon copy notation) hanya dituliskan
ketika penulisan surat hendak menyampaikan duplikat surat tersebut kepada
pihak-pihak tertentu, dengan isi format, serta segala sesuatunya persis sama
dengan lembar surat asli. Dalam penulisannya, carbon copy notation dapat
disingkat menjadi CC yang diikuti colon atau titik dua, atau bisa dengan tanda
cc (huruf kecil) yang juga diikuti tanda titik dua.
Contoh : CC:
Managing Director
SUMBER : http://ayatrieavianny.blogspot.com/2014/04/softskill-bahasa-inggris-bisnis-2-jenis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar