Jumat, 08 November 2013

kendala-kendala koperasi Artha Jaya




Kendala yang dihadapi koperasi yang saya kunjungi memiliki kendala-kendala yang memang umum dialami oleh koperasi ,kendalanya yaitu :
1.      Para peminjam yang masih bertempat tinggal bukan di rumah sendiri (mengontrak ) .

Kendala ini yang dihadapi oleh koperasi yang saya kunjungi ,karna rumah mereka yang masih mengontrak terkadang membuat koperasi sulit memberikan pinjaman ,sebab resiko yang harus ditanggung oleh koperasi terlalu besar jika peminjam ini tidak bertanggung jawab dan setelah meminjam uang peminjam  pindah kontrakan tanpa memberi tahu kepada pihak koperasi sehingga uang yang sudah dipinjamkan tadi tidak dikembalikan dan membuat koperasi mungkin mengalami kerugian .
Tapi kendala ini terkadang masih bisa di atasi dengan meminta informasi kepada ketua RT setempat atau meminta informasi kepada tetangga peminjam .
Peminjam yang masih mengontrak terkadang mengajukan pinjaman dengan memberikan jaminan-jaminan yang lainnya seperti memberikan surat-surat berharga sebagai jaminan ,atau terkadang juga peminjam memberikan surat keterangan bahwa dia memiliki pekerjaan yang tetap .

2.      Para peminjam yang sewaktu-waktu berhenti bekerja

Kendala ini juga sangat dikwatirkan di koperasi ,karna jika peminjam tiba-tiba berhenti dari pekerjaannya dan tidak memiliki penghasilan peminjam tidak bisa melunasi pinjamannya ,sedangkan penghasilan koperasi didapat dari para peminjam itu sendiri jika banyak peminjam yang sulit membayar atau mengangsur keadaan koperasi bisa mengalami kerugian ,dan mungkin akan mengakibatkan tidak berjalannya kegiatan simpan pinjam ,jika tidak berjalannya kegiatan koperasi maka koperasi tidak bisa membantu masyarakat sekitar yang sedang membutuhkan modal atau uang untuk keperluan lain dan akan terjadi kendala-kendala lain yang mengakibatkan masyarakat tidak lagi percaya untuk menyimpan atau meminjam uang kepada koperasi,jika tidak ada lagi masyarakat yang percaya koperasi akan gulung tikar dan tidak bisa lagi membantu masyarakat.


3.      Barang-barang yang dijadikan jaminan

       Peminjam memberikan jaminan-jaminan kepada koperasi agar diberikan pinjaman uang ,tetapi yang menjadi kendala koperasi saat ini yaitu barang-barang yang dijadikan jaminan berupa barang elektronik tidak diketahui keadaannya,apakah barang itu masih ada dirumah peminjam atau sudah dijual karna jaminan yang diberikan hanya berupa surat keterangan barang-barang tersebut ,jadi jika peminjam menjual barang yang dijadikan jaminan pihak koperasi tidak mengetahui dan jika peminjam tidak membayar atau tidak melunasi pinjamannya barang yang dijaminkan sudah dijual koperasi tidak bisa mengambil barang itu .
            Sebenarnya cara untuk menjaminkan barang-barang elektronik bukanlah cara yang efektif karna kemungkinan-kemungkinan tadi bisa saja terjadi ,kendala tadi juga bisa membuat kerugian terhadap koperasi dan mengakibatkan kurang diminatinya koperasi di indonesia .
4.      Peminjam pindah rumah
Kendala lainnya jika peminjam pindah rumah keluar kota dan tidak memberikan informasi kepada pihak koperasi dan peminjam tidak lagi melunasi pinjamannya maka koperasi mengalami kerugian lagi,karna koperasi tidak memiliki modal yang terlalu besar sehingga jika ada peminjam yang tidak bertanggung jawab untuk tdak melunasi pinjamannya itu akan berakibat pada keadaan koperasi ,dan membuat masyarat tidak lagi percaya kepada koperasi di indonesia ,padahal tidak sepenuhnya kesalahan pengurus koperasi,kendala tadi juga bisa mengakibatkan peminjam lain melakukan hal yang sama ,dan semakin banyak peminjm yang tidak melunasi pinjamannya makan tidak ada lagi uang yang diputar untuk digunakan sebagai modal .
5.      Meminimaliskan wilayah
Sebelumnya koperasi artha jaya ini menangani para peminjam dari berbagai wilayah JABODETABEK ,tetapi ada kendala-kendal yang membuat koperasi ini meminimaliskan wilayah yang ditanganinya ,koperasi artha jaya saat ini hanya memenuhi pinjaman dari masyarakat sekitar Cimanggis-Depok.karna jika menangani seluruh wilayah JABODETABEK koperasi ini mengalami kesulitan karna terlalu banyak dan jaraknya terlalu jauh pada saat melakukan survey ,maka dari itu koperasi ini meminimaliskan wilayah yang ditanganinya.
Koperasi ini juga memiliki syarat untuk menjadi anggota untuk mencegah terjadinya kenda-kendala di atas :
·         Peminjam tidak mengontrak
·         Memiliki pekerjaan/usaha tetap
·         Melakukan survey terlebih dahulu
·         Memiliki cap dari RT setempat pada saat mengajukan pinjaman
 

1 komentar:

  1. Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk mencapai ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

    BalasHapus