Sabtu, 24 November 2012

franchising


 Franchise sendiri berasal dari bahasa latin yakni francorum rex yang artinya “bebas dari ikatan”, yang mengacu pada kebebasan untuk memiliki hak usaha. Pengertian Franchising (Pewaralabaan) adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa . Secara sederhana, benang merah waralaba adalah penjualan paket usaha komprehensif dan siap pakai yang mencakup merek dagang, material dan pengolaan manajemen. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terlibat dalam franchising. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah: Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Definisi franchisi ng lokal
Franchising (pewaralabaan) pada hakekatnya adalah sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat. Dengan demikian, franchising bukanlah sebuah alternatif melainkan salah satu cara yang sama kuatnya, sama strategsinya dengan cara konvensional dalam mengembangkan usaha. Bahklan sistem franchise dianggap memiliki banyak kelebihan terutama menyangkut pendanaan, SDM dan managemen, keculai kerelaan pemilik merek untuk berbagi dengan pihak lain. Franchising juga dikenal sebagai jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya melalui tangan-tangan franchisee.
Contohnya franchising lokal :
v  Primagama
v   Alfamart
v  Martha Tilaar
v   Roti Buana
v   Edward Forrer
v   Bogasari Baking Center dan berbagai nama lainnya.
Keuntungan :
v  Pelatihan manajemen dan staf serta rekrutmen karyawan
v  Pemilihan dan pengkajian lokasi
v  Rancangan fasilitas dan rencana bangunan
v  Spesifikasi peralatan produk
v  Dukungan promosi dan iklan
v  Bantuan pada pembukaan franchise
v       Pengawasan yang berlanjut

   Kekurangan :
v  Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
v  Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.
Manfaat franchising
franchise waralaba bisa menjadi sebuah ide yang sangat baik jika anda ingin terjun ke dalam dunia industri yang sangat kompetitif, berisiko tinggi, membutuhkan jumlah modal awal yang layak dan pengetahuan industri yang mencukupi. Ada banyak keuntungan dengan kepemilikan bisnis waralaba, tapi keuntungan yang utama adalah kenyataan bahwa kita bisa memulai bisnis dengan nama sebuah franchise waralaba yang sudah dikenal masyarakat.
Sebuah nilai tambah dengan memulai sebuah bisnis waralaba adalah bahwa kita akan dapat menggunakan seluruh reputasi franchise waralaba untuk dapat melayani pasar, dan memberlakukan hak kepemilikan. Dalam beberapa kasus, sebuah bisnis waralaba mungkin bisa menjadi lebih baik daripada perusahaan induk itu sendiri. Dengan menggunakan reputasi perusahaan yang sudah ada, pemilik waralaba tidak perlu bekerja keras untuk memperoleh reputasi lagi dalam pasar waralaba indonesia yang lebih luas.
Biasanya setelah kita membuka satu bisnis waralaba kecil, salah satu dari pengeluaran terbesar dan masalah yang sering muncul adalah pemasaran. Salah satu manfaat terbaik dari sebuah bisnis waralaba yang terorganisir dengan baik adalah promosi melalui perusahaan induk. Setiap kali muncul iklan di televisi, radio atau di koran, kita sebagai pemilik franchise waralaba bisa diuntungkan melalui itu.
Sederhananya, pemilik waralaba indonesia benar-benar memiliki keuntungan yang lebih ketika mengembangkan cabang perusahaan di kota mereka sendiri atau kota lain yang ingin dituju sebagai tempat pemasaran. Meskipun sebagai pemilik bisnis waralaba sendiri tidak mendapatkan pengakuan akan kepemilikan perusahaan, kita masih dapat menikmati segala sesuatu sejalan dengan membangun franchise waralaba dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar